mengenal-dasar-javascript-forweb

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Bahasa ini memungkinkan para pengembang untuk membuat interaksi yang dinamis dan menarik pada halaman web, seperti form interaktif, animasi, dan permainan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengenalan dasar Javascript, termasuk sintaks dasar, variabel, operasi aritmatika, dan penggunaan kondisional dan pengulangan.

Sintaks Dasar

Javascript menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ dan Java. Setiap perintah Javascript diakhiri dengan tanda titik koma (;). Berikut adalah contoh sintaks dasar Javascript:

console.log("Halo Dunia!");

Perintah di atas akan menampilkan teks “Halo Dunia!” di konsol.

Variabel

Variabel adalah tempat untuk menyimpan nilai. Nilai dapat berupa angka, teks, atau nilai lainnya. Untuk membuat variabel dalam Javascript, gunakan kata kunci var, diikuti dengan nama variabel dan nilai awal (jika ada). Berikut adalah contoh variabel:

var nama = "John";
var umur = 25;
var tinggi = 175.5;

Operasi Aritmatika

Javascript mendukung operasi aritmatika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berikut adalah contoh operasi aritmatika dalam Javascript:

var x = 10;
var y = 5;
var z = x + y; // Penjumlahan
var a = x - y; // Pengurangan
var b = x * y; // Perkalian
var c = x / y; // Pembagian

Kondisional dan Pengulangan

Kondisional dan pengulangan adalah fitur penting dalam bahasa pemrograman, dan Javascript juga mendukung fitur ini. Kondisional digunakan untuk menjalankan perintah tertentu jika kondisi tertentu terpenuhi. Pengulangan digunakan untuk menjalankan perintah yang sama berkali-kali. Berikut adalah contoh kondisional dan pengulangan dalam Javascript:

var umur = 18;

if (umur >= 18) {
  console.log("Anda sudah dewasa");
} else {
  console.log("Anda masih anak-anak");
}

for (var i = 0; i < 10; i++) {
  console.log(i);
}

Perintah di atas akan menampilkan teks “Anda sudah dewasa” jika nilai variabel umur sama dengan atau lebih besar dari 18. Jika nilai variabel umur kurang dari 18, perintah “Anda masih anak-anak” akan ditampilkan.

Perintah for akan menjalankan perintah console.log(i) sebanyak 10 kali, dengan nilai i dimulai dari 0 dan bertambah 1 setiap kali perintah dijalankan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengenalan dasar Javascript, termasuk sintaks dasar, variabel, operasi aritmatika, dan penggunaan kondisional dan pengulangan. Meskipun masih banyak fitur dan kemampuan lain

.
.

[sc name=”seri-belajar-javascript”][/sc]