Let's Chat
0,00 Rp

No products in the cart.

Free shipping on any purchase of 75$ or more!

hematpasar@gmail.com

+62.813.8957.1948

0,00 Rp

No products in the cart.

Gampang! Begini Cara Jualan Online Untuk Pemula

More articles

Cara Berjualan Online untuk Pemula harus Kamu pahami dengan baik sebagai pengusaha pemula. Apalagi saat ini sebagian besar orang mulai beralih ke jualan online. Kompetitor bakal semakin banyak dan persaingan bakal tambah ketat. Dilansir dari Forbes dan dihimpun dari sumber lainnya, berikut strategi dan cara jualan online untuk pemula yg bisa Kamu coba:

1. Menentukan Ide Usaha dengan Riset Produk.

Untuk memulai usaha jualan online, langkah pertama yg harus Kamu lakukan adalah menentukan ide usaha dengan riset produk. Mengapa tidak langsung saja menentukan ide usaha? Jawabannya tentu tidak semudah itu. Logikanya saat ingin menawarkan sebuah barang atau layanan jasa, Kamu harus mengetahui seberapa besar peluang yg dimiliki oleh produk tersebut.

Apakah produk ini nantinya bakal bisa laku atau tidak. Kemudian, berapa besar cost yg diperlukan untuk memproduksinya. Semua itu perlu direncanakan sebaik mungkin supaya Kamu setidaknya tidak mengalami kerugian begitu besar, ketika memulai jualan online. Cara paling mudah dan sederhana untuk menentukan ide jualan online adalah dengan melakukan riset produk.

Menurut Hotjar, riset produk adalah proses mengumpulkan informasi mengenai tujuan produk yg akan dibuat. Ini termasuk juga bagaimana arah development produk dimasa depan nantinya dan mengukur seberapa jauh produk tersebut diminati atau dibutuhkan konsumen.

Mulailah melakukan riset produk apa saja yg laku untuk jualan online. Bagi seorang pemula, Kamu bisa mencari beberapa riset produk yg dipublikasikan di internet. Setelah itu, Kamu baru bisa menentukan ide usaha yg cocok dan sesuai keinginan. Jika usaha Kamu berjalan lancar, maka Kamu dapat menambahkan jumlah atau produk baru supaya usaha jualan online milik Kamu berkembang.

2. Pilih Target Audiens atau Konsumen Potensial.

Setelah menentukan ide usaha, cara jualan online berikutnya yg harus Kamu lakukan adalah memilih target audiens atau konsumen potensial. Hal ini penting dilakukan untuk mengukur sejauh mana produk milik Kamu bukan hanya dibeli, tetapi menjadi hal yg benar-benar dibutuhkan konsumen. Contohnya, apabila Kamu ingin menjual produk seperti kosmetik dan barang kecantikan, pastikan bahwa konsumen Kamu benar-benar membutuhkannya.

Kamu bisa saja menargetkan konsumen perempuan dalam rentang usia tertentu, lalu menyesuaikannya dengan produk Kamu. Ketika Kamu sudah tahu target konsumen yg ingin dituju, maka potensi jualan online milik Kamu bisa berkembang nantinya semakin besar.

3. Buat Rincian Harga yg Kompetitif dan Coba Riset Pasar.

Ketika ide usaha sudah dibuat dan Kamu paham produknya akan menjangkau tipe konsumen seperti apa, maka langkah selanjutnya adalah Kamu perlu membuat rincian harga yg kompetitif. Artinya, harga jual produk Kamu tidak sangat murah atau sebaliknya. Harga tersebut harus sesuai supaya produk Kamu bisa bersaing saat dijual secara online.

Agar Kamu bisa menguasai pasar atau setidaknya bisa bertahan pada segmen konsumen yg ingin dituju, cobalah untuk melakukan riset pasar. Misalnya, Kamu bisa melihat online shop online lain menuliskan harga pada produknya. Patut diingat, mungkin saja Kamu bukan satu-satunya pelaku dalam segmen pasar produk Kamu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sesekali Kamu melihat online shop sebelah. Kemudian tentukan harga jual kompetitif yg dibuat dengan perhitungan terperinci.

4. Buat Nama Produk atau Toko yg Menarik.

Cara jualan online akan terasa lebih mudah apabila Kamu menjual barang dari brand lain. Namun untuk produk buatan Kamu sendiri, maka sebaiknya ciptakan identitas produk yg kuat. Menentukan nama produk maupun online shop yg menarik, pastinya akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya. Hal ini begitu penting supaya eksistensi produk Kamu di hadapan target marketnya tetap bagus dan konsisten.

5. Pilih Marketplace yg Cocok dan Pahami Algoritmanya.

Bagian ini juga sangat penting. Kamu harus pintar dalam memilih e-commerce untuk menjual produk Kamu. Mulailah pelajari kebijakan, sistem, dan algoritma marketplace yg ada. Kamu harus mengetahui dengan baik seluk beluk, kekurangan, dan kelebihan dari marketplace yg ingin dipilih. Sehingga, Kamu punya banyak waktu mengembangkan bisnis dan online shop online Kamu. Sesungguhnya Kamu juga bisa langsung fokus berjualan di media sosial. Karena, beberapa platform tersebut telah menyediakan fitur untuk berjualan online.

Jika Kamu sudah menentukan platform untuk berjualan, jangan lupa juga pahami algoritma sistemnya. Kamu bisa melihat bagaimana kata kunci yg bisa digunakan guna menaikkan popularitas produk Kamu. Penggunaan kata kunci atau SEO (Search Engine Optimization) yg tepat saat Kamu memposting produk Kamu di e-commerce, akan membantu bisnis Kamu jadi lebih berkembang. Menurut sebuah studi yg dilakukan oleh Statista di tahun 2019, menemukan bahwa pencarian menghasilkan 65% dari semua sesi e-commerce.

6. Siapkan Alat Bantu Jualan Online dan Pilih Mitra Ekspedisi Kurir Terpercaya.

Proses berikutnya adalah dengan menyiapkan segala kebutuhan dan alat bantu untuk berjualan online. Termasuk menyiapkan model pembayaran yg ringkas, cara pemesanan yg mudah, dan memilih mitra ekspedisi terpercaya. Semua itu perlu dilakukan supaya jualan online yg Kamu lakukan bisa berjalan lancar, proses distribusi produk ke tangan konsumen aman, dan bisnis Kamu menguntungkan.

7. Gencarkan Promosi Marketing.

Perluas Jaringan dengan Bergabung ke Komunitas dan Sediakan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Langkah terakhir yg harus dilakukan adalah melakukan promosi marketing. Promosi marketing ini bisa Kamu coba dengan membuat konten menarik di media sosial, atau Kamu juga dapat memanfaatkan fitur iklan berbayar di marketplace yg Kamu pilih.

Promosi marketing dan iklan sangat penting karena berkaitan dengan pemasaran produk Kamu. Lalu, supaya identitas produk atau produk Kamu semakin dikenal cobalah untuk memperluas jaringan dengan bergabung pada komunitas. Komunitas yg dimaksud tentu harus berkaitan dengan produk atau online shop Kamu. Dengan hal tersebut, paling tidak bisnis Kamu bisa bertahan pada segala situasi. Tidak hanya itu, Kamu juga harus menyediakan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Bersikaplah ramah, responsif, dan informatif supaya pelanggan merasa nyaman. Begitulah seri pembahasan tentang bagaimana cara jualan online untuk Kamu yg pemula. Semua penjelasan di atas bisa dijadikan tips untuk membantu Kamu berjualan online.

Sebagai reminder, terlepas dari semua hal yg dijelaskan di atas, keberhasilan atau majunya bisnis yg tengah digeluti akan tergantung pada Kamu. Oleh karena itu, jalani dan rinstis usaha jualan online Kamu dengan baik.

Sumber: katadata.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest