Let's Chat
0,00 Rp

No products in the cart.

Free shipping on any purchase of 75$ or more!

hematpasar@gmail.com

+62.813.8957.1948

0,00 Rp

No products in the cart.

Manfaat Daun Jarak Yang Perlu Diketahui

More articles

Daun jarak merupakan salah satu tanaman yang seringkali menjadi bahan untuk pengobatan herbal karena manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa yang terkandung dalam daun ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, baik luar atau dalam. 

Manfaat daun jarak untuk kesehatan cukup beragam. Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun jarak diketahui mengandung berbagai senyawa aktif seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, serta quercetin. Selain itu, daun jarak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi sembelit, mengatasi perut kembung, mengatasi sariawan, menstabilkan gula darah, mengobati reumatik, hingga menurunkan panas pada anak.

taboola mid article

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat daun jarak untuk kesehatan, yuk simak artikel ini sampai habis!

Menurunkan gula darah

Daun jarak ternyata akan sangat membantu bagi orang yang mengalami diabetes loh. Air rebusan daun ini mampu membantu menstabilkan dan menurunkan gula darah yang tinggi pada tubuh. Kamu hanya perlu meminum air rebusannya secara rutin.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat daun jarak untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi sakit gigi. Getah daun jarak pagar dan jarak wulung diketahui mampu membantu mengatasi sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan getah daun jarak pada bagian gigi yang dirasa sakit.

Mengatasi masuk angin

Terjadinya masuk angin dan juga perut kembung bisa disebabkan oleh gas yang berlebihan di dalam perut. Kamu dapat melayukan beberapa daun jarak di atas api (jangan hangus). 

Setelah layu, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa atau telon atau minyak kayu putih, kemudian menempelkannya di perut atau pinggang. Perut kamu pasti akan menjadi lebih lega.

Mengobati Rematik

Daun jarak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi rematik. Anda dapat menggunakan air rebusan daun jarak untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Caranya, siapkan lima sampai delapan lembar daun jarak, kemudian tumbuk sampai halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Anda dapat melakukannya setidaknya tiga kali sehari sampai kondisinya mereda.

Mengobati gangguan kulit

Senyawa aktif yang terkandung dalam daun ini ternyata dapat mengobati berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kurap. Kamu dapat merendam daun ini dengan minyak kelapa selama beberapa jam. Kemudian panaskan minyak dan daun di panci. Oleslah minyaknya ke bagian kurap dan tutup dengan handuk kecil.

Menurunkan Panas pada Anak

Manfaat lain dari daun jarak yaitu membantu menurunkan panas pada anak. Caranya, siapkan dua sampai tiga helai daun jarak yang sudah dicuci bersih, lalu oleskan daun jarak pada minyak kayu putih.

Setelah itu, panaskan daun jarak tadi di atas api selama dua menit atau sampai panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Kemudian setelah hangat, letakkan daun di bagian perut dan punggung bayi. Untuk menjaga agar daun jarak tak berubah posisi, Anda dapat memasangkan bedong agar tidak mudah lepas.

Memperbaiki kerusakan hati

Daun jarak bersifat hepatoprotektif yang mampu melindungi hati agar tidak mengalami kerusakan. Bagi orang yang mengalami sakit kuning, daun ini dapat menjadi pengobatan awal untuk menyembuhkannya. 

Haluskan 20 lembar daun ini dan masukkan dalam air mendidih. Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin dua kali sehari.

Nah, jadi itu tadi beberapa manfaat dari daun jarak bagi kesehatan tubuh

Baca juga Khasiat Air Kelapa Hijau

Jurnal tentang Manfaat Daun Jarak, bisa dibaca disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest